SILABUS
MATA KULIAH
MATA KULIAH :
METODE PENELITIAN PENDIDIKAN
BOBOT :
2 SKS
PRASYARAT :
-
PROGARAM STUDI : PAI
STANDAR KOMPETENSI : Memahami konsep-konsep Metode Penelitian Pendidikan,
mampu melakukpenelitian pendidikan dengan metode yang benar.
Kompetensi
Dasar dan Hasil Belajar
|
Materi Pokok
dan Uraian Materi Pokok
|
Pengalaman
Belajar
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
(Menit)
|
Sumber/ Bahan/
Alat
|
Memahami konsep
dasar metode penelitian pendidikan
Memiliki
kemampuan untuk mencari dan menemukan masalah penelitian
Menemukan
masalah-masalah dalam Pendidikan
Agama Islam
Mampu melakukan
tinjauan literatur/ kepustakaan sesuai dengan rumusan masalah yang ada
Mampu menyusun
asumsi, hipotesis penelitian dan ruang lingkup penelitian
Mampu menyusun
desain penelitian, menentukan populasi dan sampel
Memiliki kemampuan untuk menentukan instrumen penenlitian dan menguji validitas
dan reliabilitas nya
Memiliki
kemampuan untuk menentukan variabel, sub variabel dan indikator
Memiliki
kemampuan untuk melakukan analisis data
Memiliki
kemampuan menyusun proposal
penelitian (tesis)
|
Pentingnya
penelitian, jenis-jenis metode penelitian, karakteristik proses penelitian,
tahapan-tahapan penelitian secara garis besar
Karakteristik
masalah, Sumber masalah, variabel penelitian
Lingkup
Pembelajaran,
Masalah-masalah
pendidikan Agama Islam
·
Mencari
sumber-sumber buku
·
Mencari
sumber-sumber jurnal
·
Mencari
literatur di Internet
·
Asumsi
dalam penelitian
·
Hipotesis
dalam penelitian
· Beberapa Desain penelitian kuantitatf
· Beberapa desain penelitian kualitatif
· Teknik pengambilan sampel
·
Instrumen
Tes dan Non Tes
·
Pengujian
validitas dan reliabilitas
Variabel
penelitian
·
Data
dan skala data
·
Analisis
Data kuantitatif
·
Analisis
data kualitatif
Menulis proposal tesis
|
Memperhatikan
presentasi dosen, mencari bahan-bahan yang berkaitan dengan materi bahasan
(Kecakapan
hidup: kecakapan menggali dan menemukan informasi, mengolah informasi dan
memecahkan masalah)
Mendengarkan
presentasi dosen, praktek
(Kecakapan
hidup: kecakapan menggali dan menemukan informasi, mengolah informasi dan
memecahkan masalah)
Mempelajari
bahan dari dosen, praktek membuat masalah Pendidikan Agama Islam
Mempelajari
bahan dari dosen, praktek mencari sumber literatur di buku, jurnal, majalah
dan internet
Mempelajari
bahan dari dosen, praktek membuat asumsi, hipotesis, dan menentukan ruang
lingkup penelitian
Mempelajari
bahan dari dosen, praktek membuat desain penelitian sesuai dengan masalah
penelitiannya masing-masing
(Kecakapan
hidup: kecakapan menggali dan menemukan informasi, mengolah informasi,
menemukan variabel, menunjukkan hubungan dan perbedaan variabel dan
memecahkan masalah)
·
Mempelajari
bahan-bahan dari dosen
· Praktek
menghitung validitas dan reliabilitas
(Kecakapan
hidup: kecakapan menggali dan menemukan informasi, mengolah informasi,
menemukan variabel, menunjukkan hubungan dan perbedaan variabel dan
memecahkan masalah)
Mempelajari
bahan-bahan dari dosen
(Kecakapan hidup: kecakapan menggali dan
menemukan informasi, mengolah informasi, menemukan variabel, menunjukkan
hubungan dan perbedaan variabel dan memecahkan masalah)
·
Mempelajari
bahan-bahan dari dosen
·
Melihat
contoh perhitunga, praktikum
(Kecakapan hidup: kecakapan menggali dan
menemukan informasi, mengolah informasi, menemukan variabel, menunjukkan
hubungan dan perbedaan variabel dan memecahkan masalah)
Mempelajari
bahan-bahan dari dosen
|
·
Menjelaskan
definisi penelitian
·
Menjelaskan
jenis-jenis metode penelitian
·
Memahami
karakteristik proses penelitian
·
Memahami
tahapan-tahapan penelitian
·
Menjelaskan
tentang karakteristik masalah
·
Mampu
mencari sumber-sumber masalah dalam lingkup pendidikan
·
Menjelaskan
variabel-variabel penelitian
·
Menghubungkan
variabel-variabel dalam konteks masalah penelitian
· Menjelaskan
lingkup masalah Pendidikan Agama
Islam
·
Membuat
rumusan masalah Pendidikan Agama
Islam
·
Mampu
mencari literatur dalam bentuk buku
·
Mampu
mencari literatur dalam bentuk jurnal
·
Mampu
mencari literatur dalam bentuk internet
·
Mampu
membuat asumsi
·
Mampu
membuat hipotesis
·
Mampu
menentukan ruang lingkup penelitian
·
Mampu
membuat desain penelitian sesuai dengan rumusan masalah yang sudah dibuat
·
Mampu
menentukan populasi
·
Mampu
menggunakan teknik pengambilan sampel yang tepat
·
Mampu
menggunakan berbagai instrumen penelitian
·
Mampu
menghitung validitas dan reliabilitas
Menentukan variabel,
sub variabel dan indikator dalam suatu tabel
·
Menjelaskan konsep data dan skala data
·
Menentukan alat analisis sesuai dengan skala data
·
Menjelaskan analaisis data kualitatif
·
Mampu menggunakan model penulisan seperti yang
ditetapkan IAIN
Bengkulu
|
Laporan tugas
individu
Praktek Kerja
Praktek Kerja
Praktek Kerja
Hasil Praktek
Kerja
Hasil Praktek
Kerja
Hasil Praktek
Kerja
Hasil praktek
kerja
Hasil Praktek
kerja
|
1 x pertemuan
2 x pertemuan
2 x pertemuan
2 x pertemuan
1 x pertemuan
2 x pertemuan
2 x pertemuan
1 x pertemuan
2 x pertemuan
1 x pertemuan
|
Buku-buku Metode
Penelitian Sosial dan Pendidikan, skripsi dan hasil-hasil penelitian lain
Buku-buku
Metode Penelitian Sosial dan Pendidikan, skripsi dan hasil-hasil penelitian
lain
|
0 komentar:
Posting Komentar